Thursday 2 September 2010

Jelang Mudik Harga Rental Mobil Naik


Jakarta - Menjelang musim mudik yang akan berlangsung beberapa hari lagi, permintaan sewa mobil untuk kembali ke kampung halaman pun meningkat. Tak anyal, harga sewa sebuah mobil pun ikut merangkak naik.

Tidak tanggung-tanggung, peningkatan harga sewa mobil pun meningkat hingga 60 persen dibanding dengan harga sewa di hari-hari lain.

"Biasanya kita sewakan Avanza-Xenia Rp 300 ribu perhari dan (Suzuki) APV 400 ribu. Tapi menjelang lebaran harga sewanya naik," ujar Suryadi dari rental mobil PT CUJ di kawasan Kalibata, Jakarta Selatan.

Dan selain harganya meningkat, sistem penyewaan mobil pun kini menurut Suryadi sudah tidak lagi bisa menyewa dengan sistem harian. "Kalau di tempat kami sistem
sewanya paket mingguan dengan harga Rp 3,8 juta untuk Avanza-Xenia dan 4,2 juta untuk APV. Kira-kira kalau dihitung perhari sewanya jadi naik ke angka Rp 550 ribuan," paparnya.

Hal yang sama terjadi di Nadia Motor Rent Car, sebuah rental penyewaan mobil di kawasan yang sama. Di rental tersebut harga juga berangsur naik merespon musim mudik kali ini.

Kalau biasanya di rental mobil ini harga sewa permobil entah itu Avanza, Xenia, APV ataupun Kijang ada diangka Rp 300 ribu, di musim mudik angka itu meningkat naik.

"Kini harga sewa kami Rp 500 ribu perhari dengan paket 10 hari seharga Rp 5 juta," ujar Said yang merupakan owner dari Nadia Motor Rent Car.

Namun Said membantah kalau meningkatnya harga sewa kendaraan itu adalah karena disebabkan oleh aksi ambil untuk para rental kendaraan melihat permintaan sewa mobil yang naik.

Meningkatnya harga sewa mobil itu menurut Said lebih banyak dilakukan untuk menutupi sepinya bisnis sewa mobil selama bulan Ramadan yang drop hingga 30 persen.

"Setiap Ramadan bisnis ini pasti drop karena sepi. Jarang ada pesta, pernikahan dan turis asing yang datang. Makanya harga dinaikan untuk menutupi pemasukan yang minus itu, jadi bukan aksi ambil untung lho," tegas Said.


sumber:detik

No comments:

Post a Comment